Selasa, 04 September 2012

Apa Arti dari Namamu?

Bismillahhirrahmaannirrahiim.....

Nama?

Aku, kamu, dia, dan semua orang yang hidup di dunia ini tentunya mempunyai nama. Bahkan, bayi yang dibuang orangtuanya pun punya nama, jika tak diberikan oleh orangtuanya, akan diberikan oleh penemunya. Nama akan menjadi gelar pada saat memanggil seseorang. Dan, setiap nama tentunya memiliki makna, karena sang pemberi nama inginnya kita menjadi seperti makna yang tersirat di dalamnya. Misalnya, ada anak dikasih nama Bintang, bisa jadi orangtuanya berharap si anak akan terus bersinar terang dalam kehidupannya. Atau dikasih nama Ronaldo, ya supaya ntarnya bisa jago bola dan mendunia. Bisa juga dikasih nama Siwon supaya gantengnya mirip artis korea bintang boyband superjunior itu, hahaha. 

Nama yang diberikan oleh orangtua akan kekal selamanya (kecuali kalau tasmiyah ulang), juga kelak di kuburan kitapun, di nisannya tertulis nama yang sama dengan nama asli kita. Bahkan ketika yaumul  baast ketika hendak dihisab kita akan dipanggil dengan nama yang sama. So, karena nama akan dipakai selamanya, sebagai orangtua tentu ingin memberi nama dengan gelar yang baik agar kelak juga baik kan ya. :-)

Nah, sekarang apa arti nama kamu?

Jika masih geleng-geleng dan bingung tak tau artinya, tanyakanlah ke orangtuamu, karena nama adalah cerminan harapan dari mereka. Yakin deh, tidak ada orangtua yang memberikan nama dengan arti yang jelek, tidak bagus, atau bahkan tidak ada artinya. Yuk tanyakan saja.

Namun, IMO, sebaik baiknya nama adalah nama yang dikutip di alqur'an. Bukan berarti kalau tidak, tidak baik ya, kan tadi sebaik-baiknya.:-) 

Okesip.

Published with Blogger-droid v2.0.4

2 komentar: