Selasa, 25 September 2012

Peran dan Ruang Lingkup Lulusan Psikologi dalam Dunia Sosial



Peran Psikologi di Dunia Sosial
Sebagai suatu negara dengan budaya yang beragam dan tersebar dalam beribu-ribu pulau, persoalan sosial yang sedang dan akan dihadapi oleh bangsa Indonesia tentunya akan terus silih berganti berdatangan. Masih tak lekang dalam ingatan, beberapa tahun lalu terjadi kerusuhan antaretnis di Sampit, Ambon,  Poso dan Maluku. Demikian pula peristiwa tragis yang terjadi di beberapa daerah seperti aksi unjuk rasa yang menuntut pemerintah. Dalam hal ini, ilmu psikologi khususnya Psikologi Sosial mempunyai peran yang besar untuk menjawab berbagai persoalan ini.
Konflik antar budaya dapat dipahami dan diselesaikan dengan teori-teori seperti  intergroup theory, peace theory,  dan  culture psychology. Persoalan-persoalan politik dapat diselami dengan menggunakan politic psychology. Persoalan yang terjadi di masyarakat umumnya dapat diselesaikan dengan community psychology. Dalam menjawab persoalan-persoalan ini, Psikologi Sosial sangat memperhatikan aspek-aspek budaya  dan kondisi yang dimiliki oleh masyarakat setempat, serta hubungan di dalam dan antar kelompok yang ada di masyarakat tersebut. Teori identitas sosial melihat bahwa individu cenderung untuk mencari identitas sosial yang positif dan meningkatkan dentitas kelompoknya untuk membedakan dengan kelompok lain.
Etnosentrisme melihat bahwa hubungan antar kelompok umumnya terjadi karena kecenderungan kelompok memandang dirinya sebagai pusat dari segalanya, sehingga terjadi  in group favoritism  dan berkembangnya stereotipe-stereotipe tertentu terhadap kelompok lain.
Selain hal di atas, di negeri kita banyak sekali permasalahan yang terjadi yang terekspos media yang merupakan masalah-masalah sosial. Peran serta psikolog sebagai produk atau keluaran pendidikan Psikologi dalam bidang sosial menyentuh masalah anak jalanan, narkoba dan peredarannya di masyarakat, child abuse, child traficking dan lain lain. Dimana masalah diatas sangat terlihat di masyarakat Indonesia saat ini baik secara implisit dan eksplisit. Sebut saja yang paling terlihat saat ini adalah narkoba dan pengedarannya dimana Indonesia termasuk negara dengan jumlah peredaran narkoba terbesar di Asia. Anak jalanan adalah masalah yang dipunya pemerintah Indonesia dengan usaha mengurangi, akan tetapi tak kunjung terlihat hasil nyatanya.
Kesimpulannya, persoalan sosial yang dihadapi bangsa Indonesia bisa dilihat dari kacamata Psikologi Sosial, begitupun upaya penanganannya dapat dilakukan melalui berbagai cabang ilmu Psikologi Sosial.  

Ruang Lingkup Pekerjaan Lulusan Psikologi di Dunia Sosial
Ruang lingkup Psikologi dalam bidang kerjanya meliputi training, rekruitmen, dan konsultasi. Dimana dalam pelaksanaanya di masyarakat menggunakan empat pendekatan besar dalam ilmu Psikologi. Dikenal setidaknya tiga pandangan besar psikologi beserta tokohnya antara lain: psikoanalisis (Freudian), behavioristik (Skinner, dan Pavlov), serta humanistik (Carl Rogers), dalam hal terjun Di masyarakat ditambahkan pandangan transpersonal yang merupakan perluasan dari pandangan behavioristik.
Pada bidang sosial, lulusan psikologi dapat memberikan kontribusinya pada individu atau kelompok dalam kehidupan sosialnya. Selain ilmu psikologi berfungsi untuk memberikan penjelasan-penjelasan mengenai fenomena sosial yang sedang terjadi.
Dalam bidang kelimuan Psikologi Sosial, membahas tentang analisis dan membuat rancangan teoritis intervensi perilaku sosial sebagai proses interaksi individu dengan lingkungan sosialnya seperti gambaran manusia dalam konteks sosial dan kelompok.
 Lapangan kerja lulusan Strata-1 dan Strata-2 Psikologi pada dasarnya terbuka cukup luas. Sangat kecil kemungkinan adanya lulusan yang menganggur oleh karena psikologi merupakan ilmu yang dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan. Lulusan Psikologi bisa bekerja baik secara mandiri maupun pada suatu institusi.
Adapun lingkup pekerjaan lulusan psikologi di dunia sosial adalah

a.       Psikolog Sosial
Psikolog Sosial dalam ruang lingkup menangani tentang masalah-masalah sosial, seperti anak jalanan, narkoba dan peredarannya di masyarakat, child abuse, child trafficking, psikologi massa (demonstrasi), dan lain-lain.
b.      Peneliti Psikososial
Menjadi peneliti dalam bidang sosial ruang lingkup permasalahan-permasalahan sosial seperti anak jalanan, narkoba dan peredarannya di masyarakat, child abuse, child trafficking, psikologi massa (demonstrasi), dan lain-lain.
c.       Pengamat Psikososial
Menjadi pengamat dalam bidang sosial ruang lingkup anak jalanan, narkoba dan peredarannya di masyarakat, child abuse, child trafficking, psikologi massa (demonstrasi), dan lain-lain.
d.      Konsultan Intervensi Sosial/Community Development
Misalnya bekerja di rumah shelter, tempat rehabilitasi narkoba, panti werdha, panti asuhan, dan tempat rehabilitasi anak jalanan.


Daftar Pustaka
Anonim. 2010. Program Studi llmu Psikologi UNIMA. Artikel. Diakses Pada URL:            http://psikologiunima.wordpress.com/profil/. Pada Tanggal 01 Oktober 2011.
Irmawati. 2009. Orasi Ilmiah Peranan Psikologi dalam Menjawab Fenomena Psikologis     Masyarakat Indonesia. Diakses pada URL:http://usupress.usu.ac.id/files/Orasi%20Ilmiah%20Dies%20Natalis%20Ke            57_Final.pdf.  Pada Tanggal 02 Oktober 2011.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar