Rabu, 31 Oktober 2012

Diskusi : Filsafat Manusia (?)

Sambungan dari Postingan Sebelumnya ....


Pertanyaan 3 :
·         Bagaimana hubungan antara vitalisme, mekanisme, agnotisme, dan filsafat pancasila dalam menjelaskan filsafat ilmu alam? Jelaskan beserta contohnya ?

Jawaban :
·         M. Abdan Shadiqi (I1C108236)
Hubungan vitalisme dengan filsafat pancasila terdapat pada sila yang pertama, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa.

·         Yohana Linda Pabontong (I1C108228)
Hubungan keempat hal tersebut adalah mencoba menjawab apa yang terjadi di alam semesta, seperti : kapan terjadinya hukum alam di alam semesta?

·         Renita Krisdianti (I1C108219)
Dari hubungan keempat aspek tersebut akan muncul pemikiran baru yang berasal dari berbagai macam pemikiran. Filsafat pancasila menengahi tentang keempat hal tersebut.

·         Bela Itri Agriani (I1C108206)
Contoh hubungan dari keempat hal tersebut adalah  Kiamat, yang mana sebagai umat beragama meyakini akan adanya hari kiamat tersebut dan juga sebagai manusia yang mempelajari tentang teori-teori bumi hancur, maka akan terjadi gabungan teori dan pemikiran tentang hal tersebut. Jadi tidak hanya melihat suatu fenomena di alam semesta dari satu pemikiran atau teori saja.

·         Angga Aribowo (I1C108204)
Contoh hubungan dari keempat hal tersebut dalam menjelaskan tentang filsfat ilmu alam adalah  Etika, etika merupakan cabang filsafat yang menjelaskan perbuatan baik dan buruk, sesuai sila kedua dalam fisafah pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Kesimpulan 
Jadi hubungan antara keempat aspek dalam ilmu alam tersebut saling berkaitan, dalam memahami suatu fenomena tentang ilmu alam maka tidak hanya melihat dari satu sisi saja, tetapi harus melihat dari berbagai sisi yang akan melengkapi pengetahuan kita. Contohnya saja tentang kiamat, yang harus dilihat dari segi kepercayaan yang berasal dari Tuhan, ataupun melihat hal tersebut dari teori-teori yang menjelaskan tentang keadaan bumi di masa yang akan datang.

Nah Bagaimanakah Menurut Anda ?


:)




****
Kangen Kuliah, Kangen, Kangen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar