Rabu, 31 Oktober 2012

Diskusi : Keterbatasan Ilmu (?)

Pada entry ini  saya tampilkan pertanyaan yang pernah kami lontarkan dikelas IKD yang membahas tentang Sejarah Ilmu Pengetahuan Manusia dan Pengetahuan Alam. Jadi pertanyan itu ditanggapi oleh temen-temen sekelas saya. Berikut diskusinya :


Pertanyaan 1
·         Bagaimana caranya agar keterbatasan ilmu alam dapat ditutupi dan bagaimana solusinya agar tidak kalah dengan ilmu-ilmu lainnya ?

Jawaban :
·         M. Abdan Shadiqi (I1C108236)
Keterbatasan ilmu alam diantaranya :
-          Wahana ilmu alam hanyalah metode ilmu ilmiah yang diterapkan
-           Tujuannya mencari kebenaran
-          Nilainya hanya dapat dinilai oleh ilmu alam itu sendiri
Sehingga, dari keterbatasan ilmu alam itu agar dapat ditutupi dan tidak kalah dengan ilmu lain harus dilakukan perpaduan dengan ilmu-ilmu yang lain. Misalnya perpaduan antara ilmu alam dan ilmu sosial.
·         Renita Krisdianti (I1C108219)
Cara agar keterbatasan ilmu alam dapat ditutupi adalah dengan mengadakan penelitian baru tentang perkembangan ilmu alam.
·         Istianah (I1C108205)
Cara agar keterbatasan ilmu alam dapat ditutupi adalah dengan mengadakan penelitian baru sehingga mendapatkan teori yang lebih sempurna (kompleksitas teori), dan teorinya berkembang.
·         Bela Itri Agriani (I1C108206)
Cara agar keterbatasan ilmu alam dapat ditutupi adalah dengan penelitian yang akan menghasilkan teori, dari teori tersebut akan muncul cabang ilmu baru untuk mengembangkan dan mengspesifikkan ilmu alam tersebut, sehingga ilmu alam menjadi semakin luas dan kompleks.
·         Maya Irka Anggraini (I1C108207)
Solusi agar tidak kalah dengan ilmu lain adalah dengan  mengembangkan/memperluas cabang-cabang ilmu alam sehingga semakin fokus dan dapat diterapkan sesuai perkembangan ilmu alam tersebut. Jadi tidak dilakukan perpaduan dengan ilmu-ilmu yang lain, hanya mengembangkan ilmu alam itu sendiri.

Tanggapan :
·         M. Abdan Shadiqi (I1C108236)
Apabila tidak dilakukan perpaduan dengan ilmu-ilmu yang lain, maka ilmu alam akan terbatas juga bidang keilmuannya.
·         Bela Itri Agriani (I1C108206)
Apabila dipadukan / dicampur dengan ilmu-ilmu lainnya maka tidak bisa menerapkan metode ilmiah yang merupakan ciri khas dari ilmu alam.

Kesimpulan 
            Jadi, keterbatasan ilmu-ilmu alam dapat ditutupi dengan cara mengembangkan ilmu alam tersebut dengan mengadakan penelitian baru, agar dihasilkan teori baru yang akan melengkapi dan/atau merevisi teori-teori terdahulu, sehingga akan muncul cabang-cabang ilmu alam yang akan memperluas perkembangan ilmu alam tersebut. Solusi agar ilmu alam tidak kalah dengan ilmu-ilmu yang lainnya adalah dengan mengembangkan ilmu alam tersebut terlebih dahulu agar lebih luas dan dengan melakukan perpaduan antara ilmu alam dengan ilmu-ilmu yang lain, tetapi yang dikhawatirkan adalah perpaduan ilmu alam tersebut akan membuat ilmu alam tidak menjadi khas lagi karena tidak bisa menerapkan metode ilmiah yang merupakan ciri khas dari ilmu alam.


Nah Bagaimana Menurut Anda ?

***
Efek kangen kuliah, buka-buka email dan nemu diskusi beginian... :))


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar